klik untuk perbesar gambar
mencari...
Kami tidak menemukan hasil apapun.
buka peta
Lihat Roadmap Satellite Hybrid Terrain Lokasi Saya Fullscreen Sebelumnya Berikutnya

Pencarian Spesifik

Rp 0 hingga Rp 50.000.000.000

Opsi Pencarian Lebih Lanjut
Kami menemukan 0 hasil. Lihat hasil
Pencarian Spesifik

Rp 0 hingga Rp 50.000.000.000

Opsi Pencarian Lebih Lanjut
kami menemukan 0 hasil
Hasil pencarian Anda

5 Keuntungan Membeli Perumahan Syariah via KPR Syariah

Diposting oleh PropertiRumah.id pada 2 Januari 2018
| 0

Ada banyak cara untuk membeli rumah, baik itu secara tunai maupun kredit / cicilan. Pada umumnya, ada skema pembelian rumah secara konvensional, menggunakan bank (KPR) ataupun berbasiskan syariah. Untuk Anda yang ingin membeli rumah dengan menggunakan skema syariah, ada beberapa keuntungan yang didapatkan. Berikut setidaknya 5 keuntungan membeli perumahan syariah via KPR Syariah.

Mengapa pembelian perumahan syariah merupakan salah satu alternatif terbaik, khususnya bagi Anda keluarga muslim? Ada beberapa alasan umum yang menjadikan skema pembiayaan syariah menjadi primadona. Pastinya, akan membuat Anda sebagai muslim akan merasa lebih tenang karena sesuai dengan tuntunan Islam.

Ada banyak developer yang mengembangkan skema pembiayaan berdasarkan syariah Islam. Di PropertiRumah.id itu sendiri, ada beragam rumah syariah yang ditawarkan.

Skema pembiayaan syariah itu sendiri ada dua macam yaitu KPR Syariah Tanpa Bank dan KPR Bank Syariah. Artikel ini akan lebih membahas keuntungan KPR Syariah tanpa Bank.

Berikut 5 konsep umum pembelian perumahan syariah melalui KPR Syariah tanpa Bank.

#1 Skema Tanpa Bank

Proses pembelian perumahan syariah dengan konsep ini tanpa melibatkan bank dalam prosesnya. Developer / pengembang perumahan tidak mengajak pihak perbankan terlibat dalam akad jual beli. Jadi, akad yang terjadi hanya antara developer dengan pembeli secara langsung.

Kelebihan dari skema ini adalah tidak akan ada BI Checking (mengecek status kredit calon pembeli di Bank Indonesia) sehingga prosesnya akan jauh lebih mudah dan efisien.

#2 Skema Tanpa Bunga (Riba)

Konsep yang ditawarkan oleh skema ini adalah mencicil rumah yang bersifat flat setiap bulannya, tanpa terdapat pengurangan atau penambahan. Pilihan harga properti yang dijual tunai atau kredit dan nominalnya sudah disampaikan sebelum akad.

Nominal tersebut tidak akan berubah meskipun suku bunga perbankan naik atau turun. Anda yang menentukan pilihan harganya.

#3 Skema Tanpa Denda

Di Kredit Perumahan Rakyat (KPR) konvensional, jika Anda telat melakukan pembayaran cicilan maka akan terkena denda. Itu tidak berlaku untuk KPR Syariah tanpa bank. Jika telat mencicil, Anda hanya akan mendapatkan surat peringatan untuk mengingatkan komitmen pembayaran hutang.

Atau, Anda juga bisa menjadwalkan ulang pembayaran apabila dirasakan tidak dapat menepati pembayaran cicilan di waktu tertentu.

#4 Skema Tanpa Sita

Apabila di tengah-tengah perjalanan Anda tak dapat lagi membayar / melunasi cicilan, padahal Anda sudah menempati rumah tersebut cukup lama, maka pengembang / developer properti syariah akan mendorong Anda menjual rumah tersebut.

Jika Anda kesulitan dalam mencari pembeli rumah, developer akan membantu untuk menjual rumah tersebut. Setelah terjual, hasil dari penjualannya sebagian akan dibayarkan untuk pelunasan hutang dan jika ada sisanya itu merupakan hak Anda. Sangat menguntungkan, bukan?

Tak perlu lagi takut rumah akan disita karena rumah tersebut sudah milik Anda 100%. Alternatif lainnya, jika Anda tak ingin menjual rumah tersebut maka bisa menggantinya dengan menjual aset lain yang dimiliki untuk pelunasan cicilan rumah.

#5 Terbebas dari Akad Bermasalah

Akad yang dilakukan antara pembeli rumah dan pengembang properti rumah syariah, merupakan akad jual beli istishna (pesan bangun). Akad ini bersifat indent apabila unit rumah belum tersedia. Jika unit rumah tersedia, maka dapat juga dengan akad jual beli kredit.

===========

Itulah setidaknya 5 keuntungan jika Anda membeli perumahan syariah dengan skema KPR Syariah tanpa Bank. Tidak ada pihak yang dirugikan dan sama-sama adil & mentrentamkan bukan?

Tinggalkan Komentar

Email Anda tidak ditampilkan.

  • Ganti Mata Uang

  • Setel ulang kata sandi

  • Pencarian Properti

    Rp 0 hingga Rp 50.000.000.000

    Opsi Pencarian Lebih Lanjut
  • Kalkulator Cicilan

Bandingkan Listing